Trip #11: Mewarnai Indonesia di Rumah Kreatif Jogja


Poster Mewarnai Indonesia: Kelas Blogging dan Menulis bagi Pemula (dok. istimewa)

"Mewarnai Indonesia di Rumah Kreatif Jogja?" judul yang kesannya agak 'ngoyoworo' (ada-ada saja) klo istilah Jawanya. Apa yang dilakukan untuk mewarnai Indonesia di Rumah Kreatif Jogja? Pasti ada yang terbersit pertanyaan itu kan ketika membaca judul tulisan ini.

Penasaran? Lanjut bacanya...

Jadi ceritanya, perjalananku kali ini sebenarnya bukan untuk tujuan rekreasi seperti cerita-cerita piknik sebelumnya, tapi lebih tepatnya belajar ngeblog bareng sama para aktifis duta damai wilayah DIY, bentukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) serta belasan blogger dan penulis pemula.

Lalu kenapa disebut Mewarnai Indonesia? Itu karena nama kegiatnnya adalah "Mewarnai Indonesia: Kelas
Blogging dan Menulis bagi Pemula" yang digelar di Rumah Kreatif Jogja, tepatnya di Jalan Sagan Timur, Klitren, Yogyakarta.

Di jaman sekarang, siapa sih yang gak kenal blog? Pasti hampir  semua orang tau, apalagi yang suka berselancar di dunia maya. Klo pun masih sangat awam seperti aku, setidaknya pernah mendengar atau malah sudah ikut-ikutan ngeblog. Meski awal-awalnya hanya sekedar untuk curcol alias curhat colongan tapi sekarang sudah banyak blogger yang memanfaatkannya sebagai "mesin pencetak uang" di internet. Bukan hal baru sih, tapi klo dah ngomongin duit, mata siapa pun biasanya berubah jadi ijo. Iya kan? :D

Awalnya tau soal info kegiatan ini dari grup BBM, yang kemudian tanpa pikir panjang aku langsung kontak no WA yang tercantum di posternya. Di sana tertulis Elzha, begitu aku perkenalan lalu tunjempoin eh maksudku to the point ingin ikut kelas itu, mbak Elzha -aku memanggilnya- langsung respon yang intinya OK. Ternyata eh ternyata, aku menjadi pendaftar terakhir "hemn... beruntungnya aku" gumamku di hati. Saat itu juga langsung diundang gabung grup WA dengan peserta-pesert lain yang sudah duluan daftar.

Awalnya agak kaget sih ketika ada pesan dari mbak Elzha yang bilang ingin ngelist potluck camilan dari anggota yang ingin berkontribusi. Jujur seumur-umur ikut acara ginian baru sekali ini peserta bisa berkontribusi bawa makan minum dari rumah untuk dimaem bareng di kelas haha... tapi its OK lah! Just intermezo. :D

Aku tertarik ikut kelas ini karena merasa sudah bikin blog beberapa bulan tapi belum bisa mengoptimalkan kontennya apalagi maenan SEO (Search Enginee Optimazion). Jadi aku pikir ini ruang yang tepat untuk belajar, apalagi juga sekarang waktu luangku lebih banyak. So, ayo aja!

Tiba hari H, tepatnya hari Rabu pagi, tanggalnya 22 Februari 2017, aku datang di acara itu. Agak terlambat dikit sih tapi gpp, masih sesi perkenalan. Di lantai dua gedung yang dikonsep sebagai cafe gaul anak muda kekinian itu, ada 20 orang termasuk aku yang berada di ruang pertemuan cukup luas dan dilengkapi tak hanya meja kursi tapi juga tempat lesehan beralas permadani dan bantal warna-warni, serta sebuah televisi flat di pojok ruangan.

Bayanganku, masing-masing peserta akan mendapatkan materi yang sama di kelas ini. Tapi karena ada beberapa yang sudah punya blog maka kelas dibagi dua, untuk yang benar-benar pemula, sama kelasnya untuk yang sudah punya blog. Kebetulan aku ikut kelas yang punya blog. Dengan didampingi mbak Retna, aku secara privat belajar banyak hal, dari pengalaman dia sebagai blogger yang sudah ngeblog sejak 2010 hingga sekarang memanfaatkannya untuk 'mesin cetak uang'.

Di kelas ini, aku gak praktik menulis, tapi lebih banyak mendengarkan sharing pengalamannya mbak Retna yang menurutku menarik. Bagaimana dia belajar ngeblog secara otodidak hingga pada akhirnya bisa berbisnis dan jualan jasa online untuk banyak hal, termasuk pembuatan website dan konten writing.




suasana kelas (dok. pribadi)

Sempat sih praktik sebentar gimana caranya memasang keyword di blogspot, dan bergelutlah kami dengan versi HTML. Rumit euy... sampai leppy pun ikut ngehang, mungkin dia lelah :D

Waktu lima jam di kelas gak terasa lama karena kami menikmatinya dengan santai, jadi benar-benar belajar bareng kayak jaman sekolah dulu. Ahay, jadi ingat masa lalu :p Saat jarum jam menunjuk pukul 2 siang lebih sedikit, kelas pun diakhiri.


peserta dan mentor Mewarnai Indonesia: Kelas Blogging dan Menulis bagi Pemula (dok. panitia)

Nah, sebelum bubar dan pluto-pluto bareng, mbak Elzha membagikan goodie bag warna abu-abu ke masing-masing peserta. Wuih berat banget. Tau isinya apa? Sttt... ternyata kami-kami dapat voucher untuk maen-maen ke De Mata de Arca di XT Square. Aseek...


Gift Voucher dari De Mata De Arca XT Square Yogyakarta (dok. pribadi)

Eits ada lagi, yang berat itu ternyata  30 buku dan leaflet tentang wisata di sebagian DIY dan Jateng dari Dinas Pariwisata. Mantabs! Jadi aku bisa memanfaatkannya untuk 'menghidupkan lagi blog piknikpiknikasik yang mati suri.



30 buku dan leaflet tentang wisata DIY dan Jateng (dok. pribadi)

Gak cuma itu, kami juga dikasih kesempatan untuk menulis review tentang pengalaman di de mata de arca, juga semacam testimoni pengalaman berwisata di Sleman. Tiga yang beruntung, kata mbak Elzha, bakal diajak ngetrip sama Dispar Sleman. Kayaknya seru nih.. Semoga aku beruntung lagi (amiin)

Lebih seru lagi, akan ada kelas lanjutan di pertengahan Maret mendatang untuk materi yang berbeda. so, tunggu cerita berikutnya ya... Terima kasih semua... ;)

Salam Piknikers...

Komentar

  1. semoga lebih rajin lagi nulisnya nggih mbak tria

    BalasHapus
  2. tulisan yang detil. tapi kok banyak namaku ya.. hihihi
    semangat terus mbak tria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena yang dikenal pertama dan paling terkenal di kelas :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip #9: Menikmati wisata kuliner malam 'romantis' di angkringan pendopo lawas Jogja

Trip #8: Berdamai dengan alam di kawasan hutan mangrove Baros

Trip #12: di Kampung Flory Sleman, Icip-icip Kuliner Ndeso